5 Tanaman Yang Mampu Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Menjengkelkan, apabila kita terkena penyakit asam urat yang tiba-tiba kambuh. Asam urat umum sering dikenal dengan radang persendian ini, kerap menjangkit siapapun. Terlebih bagi mereka yang mempunyai pola makan dan pola hidup yang tidak teratur. Sebagian besar di Indonesia, penyakit asam urat menyerang kaum laki-laki yang berusia sekitar 30 an. Tidak menutup kemungkinan anak-anak dan kaum wanita juga berpotensi terkena penyakit menjengkelkan ini.

Penyakit asam urat, merupakan penyakit yang terjadi akibat dari sisa metabolisme makanan pada tubuh yang sering kita konsumsi secara berlebihan, termasuk beberapa jenis sayur dan buah. Makanan cepat saji dan beberapa macam daging merupakan faktor dominan penyebab penyakit asam urat ini. Mengapa sisa makanan pada proses metabolisme pada tubuh menyebabkan asam urat, menurut beberapa penelitian di sebuah Universitas di Malang “sisa pada makanan yang tidak digunakan oleh tubuh telah menghasilkan zat purin atau yang disebut dengan zat kotor. Selain sisa metabolisme pada tubuh, zat purin juga bisa dihasilkan oleh perusakan sel-sel pada tubuh manusia, hal ini biasanya terjadi pada manusia yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Kebanyakan asam urat jarang menimbulkan dampak yang bersifat kronis dan komplikasi, namun tetap saja mengganggu aktifitas sehari-hari. Dewasa ini beberapa komplikasi asam urat pada tubuh adalah :

  • Benjolan keras pada area persendian
  • Nyeri atau njarem pada persendia disertai dengan memerahnya kulit

Secara umum, gejala pada penderita asam urat ini

 

Untuk mencegah ataupun mengobati penyakit asam urat ini, bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa tanaman herbal yang kerap kita jumpai, diantaranya :

1 Kumis Kucing

Tanaman ini dikenal masyarakat sebagai tanaman yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asam urat. Tanaman ini mengandung zat kalium sebagai zat penghancur kandungan zat kotor sebagai penyebab dari asam urat. Tumbuhan ini dapat ditemukan di daerah tropis beriklim sedang. Cara mengolah tumbuhan ini pun sangat mudah dan gampang. Tinggal dicuci menggunakan air bersih kemudian direbus menggunakan air yang dicampur dengan garam dan gula sebagai penawar rasa.

tumbuhan-kumis-kucing

2 Daun Salam

Secara umum dan hampir keseluruhan tanaman daun salam dikenal sebagai tanaman pelengkap masakan. Akan tetapi secara ilmu pengobatan, tanaman ini mempunyai beberapa khasiat manjur dan istimewa sebagai tanaman herbal untuk mengobati asam urat. Zat yang terdapat dalam daun salam adalah zat Flavanoid yang berfungsi sebagai pencegah asam urat.cara mengolahnya sangat gampang, direbus dan dicampur dengan sedikit gula secukupnya.

daun-salam

3. Anting – anting

Tumbuhan dengan nama yang cukup familiar ditelinga kita, sering kali tumbuhan ini dianggap sebagai hama ataupun pendamping rumput. Namun siapa sangka bahwa tumbuhan ini mempunyai khasiat yang tidak kalah dengan tumbuhan lain dalam mengobati asam urat. Cara mengolahnya biasanya dijadikan sebagai sayuran yang dikonsumsi secara teratur, pada penderita asam urat.

tumbuhan-anting-anting

4. Sambiloto

Membicarakan tanaman herbal tidak lengkap kalau tidak menyinggung tumbuhan sambiloto. Tanaman sambiloto dikenal dengan tanaman jamu atau tanaman herbal sakti sebagai bintangnya tanaman herbal. Zat yang terkandung adalah zat kalsium dan natrium dengan nilai yang tinggi diantara tumbuhan lainnya. Namun sangat dianjurkan berkonsultasi dengan ahlinya apabila ingin mengkonsumsi tanaman ini. Salah satu penyakit yang disembuhkan oleh tanaman ini adalah asam urat. Cara mengolah untuk dijadikan obat adalah dengan menumbuk ranting muda dan daun, dicampurkan beberapa kunyit secukupnya.

Tumbuhan sambiloto

5 Kelor

Tanaman atau tumbuhan kelor, kerap dikenal dengan orang jawa sebagai syarat untuk memandikan jenazah. Daun Kelor juga kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk panas dan kejang pada anak-anak. Beberapa dekat ini tumbuhan kelor kerap dimanfaatkan ebagai tumbuhan pencegah asam urat, karena mengandung zat kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Cara mengolahnya pun cukup mudah dengan mengeringkan daun ini kemudian ditumbuk sampai menjadi bubuk. Setelah itu cukup dikonsumsi sehari sekali bagi orang dewasa.

Leave a Comment