Tutorial Cara Menanam Buah Lengkap Dengan Mudah & Menguntungkan

Tanaman adalah sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan dunia karena tanaman menghasilkan oksigen yang kita hirup setiap hari, tak hanya itu tanaman juga ada yang bisa dimanfaatkan daunnya, batangnya, bahkan akarnya. Tapi yang paling kita sukai adalah buahnya.

Ya benar, tanaman yang menghasilkan buah tentunya bermanfaat sekali bagi pemiliknya terlebih lagi tanaman yang dapat berbuah sepanjang tagun dan tak perlu menunggu musimnya.

Tanaman untuk menghasilkan buah haruslah melalui proses lebih dulu oleh karena itu kita harus bersabar terlebih dahulu untuk menuai sesuatu yang kita tanam seperti bunyi pribahasa berikut “Tong kosong nyaring bunyinya” oleh karena itu kita harus sabar menunggu.(jangan dipikir ya pribahasanya karena nga’ nyambung hh). Nah mari kita pelajari bersama, sekilas saja bagaimana sih proses tanaman bisa berbuah?

Pertama tanaman yang sudah cukup umur (dewasa) akan berbunga dan bunga akan mengalami penyerbukan yaitu bertemunya serbuk sari dan putik (bisa dibilang “cmewew” nya tanaman).

Penyerbukan memerlukan perantara angin, air, bahkan dibantu oleh binatang seperti kupu-kupu atau serangga. Setelah penyerbukan akan berlangsung proses pembuahan dan penghasil buah yang mengandung biji, cara ini adalah cara generatif (alami) sedangkan cara vegetatif adalah dengan cara buatan dan campur tangan manusia seperti pencangkokan atau kultur jaringan untuk menghasilkan buah yang lebih bagus, lebih banyak, bahkan lebih cepat.

 

TIPS dan TRIK : siramlah tanaman sekedarnya saja selama kurang lebih 3 bulan kemudian siramlah setiap hari seperti biasanya agar tanaman cepat berbuah

 

Setelah mengetahui sekilas proses tanaman menghasilkan buah inilah manfaat secara umum bila kita memiliki dan merawat tanaman yang bisa berbuah

  • Mengurangi polusi

Dengan adanya berbagai tanaman disekitar kita akan mengurangi polusi udara dan menambah suasana yang rindang

  • Ladang pahala

Dengan mempunyai tanaman yang bisa berbuah kita bisa berbagi terhadap sesama manusia bahkan binatang.

  • Persediaan sendiri

Bila kita ingin makan buah kita tak perlu repot-repot membeli dipasar, bisa langsung ambil di kulkas atau bahkan langsung memetiknya hehe..

Itulah sedikit manfaat dari memiliki tanaman buah sendiri, silahkan bila ada yang ingin menambahkan.

 

B. Macam macam tanaman buah

Didunia ini terdapat banyak jenis tanaman yang berbuah. Inilah beberapa jenis tanaman buah yang memiliki keunikan.

tanaman-buah-pisang

1. Pohon pisang

Siapa yang tak kenal dengan pohon pisang, pohon dengan buah berwarna kuning ini banyak digemari khususnya primata(hehehe justkid). Pohon ini memiliki keunikan tersendiri yaitu hanya berbuah sekali lalu mati. Tanaman buah yang satu ini memiliki banyak manfaat, seperti daunnya untuk pembungkus makanan, batangnya sebagai kerajinan, jantung pisan yang dapat diolah menjadi makanan dan tentunya buahnya yang enak

2. Tanaman buah naga

Tanaman dengan nama buah yang keren ini memiliki batang yang merambat kemana mana tak beraturan dengan duri kecil dan memiliki bentuk buah yang unik berwarna merah yang dianggap seperti telur naga, buah yang dihasilkan tanaman ini memiliki banyak manfaat seperti menguatkan tulang dan mencegah kanker.

3. Pohon kenitu/gemintu/sawo duren

Pohon berdaun lebat dan berbuah manis ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu daunnya yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah tak hanya itu buahnya juga kaya akan kandungan antioxidan untuk mencegah sel kanker sayangnya buah ini mulai sulit ditemukan mungkin karena mitosnya dipohon yang besas dan lebat ini memiliki aura yang berbeda seperti ada makhluk halus yang menunggui tempat tersebut(hhh mungkin hanya mitos).

4. Tanaman buah ciplukan

Tanaman yang satu ini sering ditemukan di semak-semak terutama di daerah pedesaan, dengan bentuk kulit buah yang unik membuat buah ini sering dicari anak-anak dan ternyata hampir seluruh bagian tumbuhan ini mempunyai manfaat tersendiri seperti akarnya yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabet. Buahnya yang mengandung banyak vit C. Dan yang luar biasa daun dari tanaman ini dapat digunakan untuk melawan atau bahkan membunuh sel-sel kanker yang tumbuh secara ganas dalam tubuh dan dalam studi telah membuktikan bahwa ramuan daun ciplukan dapat memperkecil ukuran tumor dan kanker tersebut.

Nah itulah beberapa macam tanaman yang berbuah dan tentunya memiliki keunikan dan manfaat tersendiri, kalau kalian lebih suka yang mana?

 

C. Bibit buah

Dalam tanaman yang berbuah bibit buah menjadi hal yang penting. Bibit buah inilah yang akan mempengaruhi hasil buah berikutnya.

Dan begitu pula sebaliknya untuk mendapat bibit buah unggulan tentunya juga didapatkan dari buah yang berkualitas, di zaman modern ini telah banyak program-program untuk memperoleh bibit yang berkualitas baik dengan cara tradisional hingga penggunaan rekayasa genetik.

Berikut ciri-ciri untuk membedakan bibit unggul dengan bibit yang kurang baik:

 

  •  Pertumbuhan bibit sama cepat

Bila beberapa bibit di tanam secara bersama maka juga akan tumbuh secara berbarengan, tak ada yang tertinggal ataupun mendahului.

 

  •  Tak mati saat dipindahkan

Bibit yang berkualitas tidak akan mudah mati bila di pindahkan ke tempat lain berbeda dengan bibit yang biasa.

 

  • Memiliki akar yang lebih lebat

Misal tanaman padi yang mempunyai akar serabut yang subur akan lebih cepat tumbuh dibanding dengan akar yang sedikit, ini dikarenakan akar menjadi unsur penting dalam tanaman yaitu menyerap air dan mineral yang dibutuhkan tanaman

 

  • Pertumbuhan lebih cepat

Bila akar yang dimiliki suatu tanaman subur maka berpengaruh terhadap proses pertumbuhan tanaman tetapi dengan catatan seperti diatas tadi, pertumbuhannya haruslah seragam.

 

  •  Lebih kuat dan berdaun hijau segar

Dengan kondisi akar yang subur tadi maka akan memperkuat tanaman agar tidak mudah roboh dan zat-zat mineral yang mudah didapatkan oleh akar yang banyak tadi akan membuat tanaman menjadi sehat dan segar.

 

  • Lebih tahan terhadap hama

Ciri-ciri bibit berkualitas unggul adalah tidak mudah mati bila terserang hama yang dapat memperkecil biaya perawatan hama karena tidak diperlukan lagi perawatan khusus untuk melindungi dari hama yang nantinya akan memperoleh hasil panen yang lebih baik.

 

  • Lebih tahan terhadap perubahan iklim

Perubahan iklim tidak akan banyak mempengaruhi tanaman yang berasal dari bibit unggul.

 

  • hasil yang lebih produktif

Untuk hasilnya tidak perlu diragukan lagi bibit unggul akan menghasilkan yang lebih bagus, lebih banyak, ataupun lebih cepat, hal inilah yang akan mempengaruhi harga bibit

Tapi perlu diingat bibit hasil perbanyakan generatif(alami) terkadang menghasilkan buah yang tidak sebaik induknya, hal ini berbeda dengan bibit hasil perbanyakan vegetatif(buatan) yang akan mewariskan sifat yang sama, tetapi kelemahannya juga akan mewariskan sifat yang buruk terhadap hasil perbanyakan bibit itu sendiri.

Sekarang kita sudah mengetahui ciri-ciri bibit yang berkualitas dan sekarang mari kita ke tahap akhir dari proyek ini (hhh lebay) yaitu bagaimana cara penanaman bibit yang baik dan benar yang tentunya tak perlu membayar jutaan rupiah seperti MLM pada akhir cerita.

 

Cara penanaman tanaman yang berbuah

Untuk cara penanaman tanaman yanp berbuah masih banyak yang menggunakan cara tradisional tapi juga tak sedikit yang menggunakan cara modern dan yang paling disukai adalah penanaman dengan teknik tabulampot. Teknik tanaman buah dalam pot ini banyak digemari karena tidak memerlukan lahan yang luas, selain itu juga banyak teknik untuk mempercepat agar berbuah.

Berikut sedikit penjelasan cara penanaman dengan teknik tabulampot :

  1. Pertama kita harus memilih bibit yang terjamin kualitasnya, dan kalau bisa pilihlah yang permanen yaitu yang masih ada dalam polybag, nampak sehat, segar dan tumbuh normal atau bukan cabutan.
  2. Langkah selanjutnya siapkan pot yang sesuai dengan ukuran bibit, dan jangan lupa untuk memberi lubang kecil di dasar pot bila masih belum ada, kemudian beri ganjalan agar pembuangan air lancar.
  3. Setelah itu, letakkanlah beberapa pecahan batu bata ataupun genteng lalu lapisilah dengan ijuk atau sabut atau bahkan anda bisa mendesain sendiri hal ini sesuai selera dan kreativitas anda.
  4. Tahap yang selanjutnya, ambil sebagian media tanam dalam pot lebih bagus lagi bila diayak terlebih dahulu untuk memisahkan kerikil kerikil yang ada, kemudian isikan media tanam hingga mencapai setengah dari tinggi pot. Untuk mengurangi penguapan potonglah daun dan ranting yang agak berlebihan atau menguning biarkan daun dan ranting yang telah dipotong dalam pot tadi sebagai pupuk alami.
  5. Lalu keluarkan bibit tanaman dengan hati-hati dan letakkan dalam tengah-tengah pot kemudian isikan kembali media tanam kurang lebih 10cm dari bibit (dikira kira sendiri ya atau kalau ingin ideal bawa saja garisan saat bercocok tanam hehehe).
  6. Yang terakhir padatkanlah media tanam disekitar pangkal batang untuk memastikan tanaman telah tertopang kuat.

 

Bila sudah selesai segera siram tabulampot seperlunya saja agar medianya tidak mudah mengeras dan taruhlah tabulampot tersebut dalam keadaan yang teduh paling tidak selama satu minggu.

Bila telah nampak berkembang taruhlah tabulampot ditempat terbuka dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

 

{ TIPS dan TRIK: Lakukan penyiraman seperlunya saja dan berikan pupuk sekedarnya }

 

Bila kita rawat dengan baik diperkirakan 1-2 tahun kita sudah bisa memanen hasil dari tabulampot buatan kita sendiri dan jangan lupa berbagi dengan sesama karena berbagi itu indah. Sekian coretan komputer saya kali ini, mohon kritik dan sarannya untuk mendapat pengalaman dan ilmu yang lebih lagi. Oke sampai disini dulu ya Byeee…

Incoming search terms:

  • cara menanam buah
  • cara menanam buah buahan
  • cara menanam buah kenitu
  • bibit buah aronia
  • bibit aronia
  • buah aronia
  • tanaman buah yang menguntungkan
  • pohon aronia
  • buah aronia di indonesia
  • pohon buah aronia
  • buah chokeberries
  • jual bibit buah aronia
  • cara-cara menanam buah-buahan
  • aronia indonesia
  • buah aronia itu apa
  • budidaya buah aronia
  • trik bertanam buah
  • jual bibit Aronia
  • bibit aronia berry
  • cara membudidayakan buah buahan
  • jual pohon aronia
  • gambar pohon dan buah aronia
  • tempat mendapatkan buah aronia
  • salah satu cara bercocok tanam agar cepat memperoleh hasil
  • ciri ciri buah aronia
  • yg menjual bibit pohon aronia
  • Tanaman chokeberry
  • tanaman buah aronia
  • tanaman aronia
  • harga tumbuhan aronia
  • Pohon dan buah aronia
  • pohon chokeberries
  • jual buah aronia
  • bibit chokeberry
  • bibit chokeberries
  • cara menam buah buahan com
  • Cara menanam buah buahan yang baik
  • bagaimana cara menanam buah buahan
  • cara membudidayakan buah-buahan dan
  • menanam pohon Aronia
  • cara menanam buah aronia
  • gambar buah aronia
  • jual pohon aronia berry
  • cara menanam buah zuriat
  • Cara budidaya buah aronia
  • cara membudidayakan buah sawo yang modern adalah
  • cara budidaya/brcocok tanam buah2n
  • cara budidaya tanaman buah-buahan
  • cara budidaya buah2an
  • cara memperkedil tanaman dah berbuah
  • cara menaman buah bahan
  • cara menanam aronia
  • cara membudidayakan buah lewat bibit
  • cara budidaya buah yang
  • cara budi daya aronia
  • cara buah tumbuhan d rumah
  • cara budidaya tanaman chokeberries di indonesia
  • cara budidaya buah buahan
  • cara budidayabuah aronia
  • cara cara memblaster tanaman buah
  • cara budidaya buah kenitu
  • cara memblaster pohon pisang
  • cara membudidayakan buah
  • cara membeli buah aronia cokeberry
  • Budidaya Buah keir
  • Bertani buah Ɣǟ♌ƍ gampang
  • bertani buah melejit yang
  • bertani buah buahan
  • Bertani buah
  • bercocok tanam buah buahan
  • bercocok tanam buah
  • berapa harga pohon aronia
  • bentuk tanaman aronia
  • bentuk daun aronia
  • beli bibit buah aronia
  • beli bibit aronia
  • begimana menanam buwah
  • bagaimana kawinkann tanaman buah
  • bagai mana cara menanam buah-buahan yang baig
  • aronia hidup di tanah
  • aronia dimana
  • buah aronia apa ada diindonesia
  • buah aronia beli dimana
  • buah aronia berasal dari mana?
  • budidaya buah b
  • budidaya Aronia di indonesia
  • budi daya tanaman buah buahan
  • budi daya buah buahan yg menguntungkan
  • budi daya aronia
  • buahchokeberries
  • buah pohon aronia
  • buah dan cara menanamnya
  • Buah chokeberry yg tmbuh di indonesia
  • buah chokeberies
  • buah aronia 
  • buah aronia gambar
  • buah aronia dan tempat tumbuhnya
  • buah aronia cara tanam
  • buah aronia bisa hdup
  • buah aronia berry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *