Tips Cara Mengembang Biakkan Bibit Buah Naga Kualitas Tinggi

Bibit buah naga memang mudah dalam dikembangbiakkan tetapi terlalu sulit untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan ada beberapa tips untuk mengembangkan bibit tersebut agar bisa menghasilkan buah lebih banyak dengan umur tanaman buah yang lebih panjang. Bagi beberapa orang terlihat mudah karena hanya perlu melakukan stek saja pada batang buah naga tersebut kemudian langsung menanamnya pada media tanam namun cara menanam buah naga akan menghasilkan buah lebih lama dari biasanya.

Tips Jitu Mengembangkan Bibit Buah Naga

bibit-buah-nagaUntuk mengembangkannya cukup mudah yaitu dengan cara membiarkan batangnya menjuntai ke bawah sampai tanah. Usahakan untuk tidak terlalu terkena air yang menggenang karena bisa membuat batangnya menjadi membusuk. Untuk cara jitunya Anda bisa membuat gundukan tanah yang agak tinggi kemudian baru meletakkan batang buah naga tersebut di atas atau di dalam gundukan tersebut. Setelah beberapa hari nantinya akan keluar akar untuk menyerap sari tanah untuk keperluan perkembangan dan pertumbuhan dari buah naga.

Dari sini Anda bisa mengambil batang tersebut yang sudah tersedia cukup banyak akar karena jika melakukan stek biasa akan ada kemungkinan lebih sulit tumbuh dan lebih lama mengeluarkan buah. Anda bisa memperkirakan seberapa panjang batang buah naga yang siap dipotong untuk menghasilkan individu baru. Cara ini memang banyak yang tidak mengetahuinya karena kebanyakan yang dilakukan hanya dengan stek saja.

Untuk mendapatkan hasil buah yang banyak dengan waktu pembuahan yang lebih cepat dibutuhkan induk yang memiliki ciri sama. Ada beberapa tanaman buah naga ini yang memiliki perbedaan dalam hal tersebut karena satu tanaman bisa menghasilkan buah yang berbeda walau satu spesies atau satu varietas. Bibit buah naga bisa diambil dari cara tersebut agar mudah dalam mengembangkan dan menghasilkan lebih banyak buah setiap tahunnya. Selain cara tersebut juga ada yang mengembangkan buah naga yang berasal dari biji. Tidak terlalu sulit karena yang dibutuhkan nantinya hanya menyebar biji yang sudah siap semai kemudian memindahkannya ke media tanam jika sudah siap untuk pembesaran.

Jenis Varietas dan Karakteristik Buah Naga

Ada 3 varietas buah naga yang tersebar di Indonesia yaitu buah naga merah, buah naga kuning, dan buah naga hitam. Ketiga varietas ini hanya memiliki perbedaan pada warna dan kadar air dalam buah tersebut sehingga masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Untuk itu perlu Anda ketahui beberapa jenis dan karakteristiknya agar lebih mudah mengembangbiakkannya.

Buah Naga Merah

buah-naga-merahYang pertama adalah buah naga merah yang memiliki kandungan air cukup banyak dan rasanya sangat manis sekali. Pada tampilannya memang berwarna merah dengan penyebaran biji yang sangat banyak sekali. Untuk menanam dan mengembangbiakkan bibit buah naga merah ini memang harus dari stek akar karena akan menghasilkan buah lebih cepat dari induknya. Anda dapat melakukan panen dengan jumlah buah yang sangat banyak dari cara tersebut maka dari itu perlu Anda coba sendiri.

Buah Naga Kuning

buah-naga-kuningAda juga yang berwarna kuning dengan kandungan air yang tidak begitu banyak. Rasa yang ditawarkan lebih manis dari buah naga yang lain mungkin karena kandungan airnya yang sedikit tersebut. Untuk mengembangbiakkan bibit buah naga kuning ini dengan hasil yang maksimal maka cara yang diperlukan yaitu dari biji. Walau nanti pertumbuhannya lebih lama dan menghasilkan buah juga lumayan lama tetapi ketika panen tiba jumlahnya juga cukup banyak. Walau bisa dikembangkan dengan cacar stek namun dapat mengurangi kadar manisnya.

Buah Naga Hitam

buah-naga-hitamBuah naga Hitam  sering dijumpai karena biasa dijual berdampingan dengan warna merah. Karakteristiknya memang tidak jauh berbeda dengan buah naga merah karena menghasilkan kadar air dan rasa manis yang sama. Untuk mengembangkan bibit buah naga hitam ini memang perlu cara khusus stek untuk menghasilkan bibit yang berkualitas dengan waktu panen yang lebih singkat.

Dari beberapa cara tersebut akan membantu Anda mendapatkan hasil buah yang sangat banyak. Walau masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri tetapi Anda bisa menyesuaikannya dengan waktu panen dan harga jualnya sendiri. Bibit buah naga akan mudah berkembang pada tanah yang memiliki tingkat unsur hara yang tinggi dengan tingkat kekeringan yang sesuai.

Incoming search terms:

  • gundukan buah naga
  • tingkat kualitas buah naga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *