Membudidayakan Bibit Buah Naga Dengan Varietas Unggulnya

bibit buah naga tanamanhiasdaun

Bibit buah naga bisa ditemukan di berbagai toko bibit buah karena dalam beberapa waktu bisa menghasilkan buah yang besar dengan rasa yang enak. Itulah mengapa budi daya buah naga sekarang ini saja banyak yang menggemarinya. Buah naga cenderung tumbuh baik pada tanah yang kering dan berpasir, maka dari itu banyak pembudi daya buah ini yang berlokasi di pinggir pantai dan daerah kering lainnya. Tidak sulit untuk mengembangkan dan menumbuhkan buah naga ini karena hanya membutuhkan media dan cara perawatan yang tepat saja. Selanjutnya hanya melakukan pemanenan hasil saja untuk bagian akhir pembudidayaan.

Cara membudidayakan Bibit Buah Naga

Untuk membudidayakannya dibagi terhadap beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu pembibitan dan pemilihan bibit unggul, perawatan, sampai pemanenan hasil buahnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah naga tidak membutuhkan media yang sulit karena hanya perlu media kering dan cukup air untuk menghasilkan buahnya yang enak. Berikut ini akan memandu Anda dengan langkah pembudidayaannya yang benar.

bibit buah naga dari biji

Pembibitan Buah Naga, bibit buah naga bisa diperoleh dari toko bibit buah atau melakukan sistem stek sendiri dari batang pohonnya. Buah naga termasuk dalam golongan kaktus yang memiliki batang utama yang digunakan juga untuk berfoto sintesis. Batang ini juga digunakan sebagai cara perkembangbiakannya, maka dari itu bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika Anda membelinya di toko bibit buah tidak begitu mahal karena hanya bergantung dari varietas yang dihasilkannya saja. Bibit yang sudah dipilih dari induk yang produktif bisa langsung ditanam pada pot untuk melakukan pembesaran dahulu. Ada pilihan lain yang disediakan oleh pembudi daya bibit buah naga dari biji karena sudah ada cara tertentu yang bisa menghasilkan biji untuk disemai dalam lahan persemaian.

Perawatan Bibit, selanjutnya tinggal melakukan perawatan terhadap tanaman buah tersebut. pemberian pupuk hanya berlangsung pada tahap penanaman bibit utama saja pada media tanamnya dan selanjutnya hanya dilakukan selama satu bulan sekali. Setelah cukup besar juga tidak boleh disiram setiap hari, harus menunggu sampai satu Minggu baru bisa menyiramnya. Hal ini untuk menghindari agar batang bibit buah naga tersebut tidak cepat busuk

Pemanenan Buah Naga, menginjak bulan keenam dan ketujuh bisa dilakukan pemanenan terhadap buah yang sudah matang. Buah ini ditandai dengan badan buah yang sudah agak kusam dan ada keriput pada beberapa bagian. Walau sebagian besar banyak petani yang memanen buah naga terlalu dini sehingga ukurannya terlalu kecil dan masih terdapat getah. Untuk itu perlu pengetahuan khusus untuk cara panen yang tepat dan pemilihan buah naga yang sudah matang agar bisa menghasilkan panen yang bermutu.

Varietas Buah Naga

Ada beberapa varietas buah naga yang bisa Anda budi dayakan dan kembangkan sebagai bisnis pertanian yang menguntungkan. Masing-masing dari varietas tersebut memiliki karakteristik dari rasa dan warnanya tersendiri. Untuk lebih jelasnya bisa langsung melihat varietas tersebut di bawah ini:

Bibit Buah Naga Merah

Bibit Buah Naga Merah, yang pertama adalah buah naga merah yang memiliki daging buah berwarna merah. Pada bijinya ada banyak sekali tetapi bisa langsung dimakan, rasa daging buah lebih manis jika dibandingkan dengan jenis varietas yang lainnya. Untuk itu perlu Anda coba untuk mengembangkannya sebagai produksi yang menguntungkan.

Bibit Buah Naga Kuning, ada juga varietas yang dikembangkan oleh pembudi daya yang memiliki warna daging buah kuning. Sama halnya dengan buah naga merah hanya saja berbeda pada kandungan airnya. Pada jenis ini tidak terlalu banyak mengandung air sehingga cocok bagi Anda penggemar buah padat yang rasanya manis.

Bibit Buah Naga Hitam, tidak banyak yang mengembangkan dan membudidayakan varietas buah ini karena keterbatasan bibit dan buah yang dihasilkannya. Pada satu pohon buah naga biasanya menghasilkan buah yang banyak tetapi pada jenis ini tidak terlalu menghasilkan buah seperti itu tetapi dari rasa dan tampilannya sangat menarik untuk dimakan. Untuk itu perlu Anda kembangkan juga menjadi sebuah varietas yang menghasilkan buah yang banyak.

Beberapa cara budi daya dan varietasnya sudah Anda pelajar, Anda bisa langsung mencoba mengembangkan dan membudidayakannya karena harga jualnya juga sangat lumayan. Bibit buah naga bisa Anda peroleh dari toko bibit buah atau bisa mendapatkannya dari pembudi daya yang lainnya, semoga bisa membantu Anda dalam menghasilkan perkebunan sendiri yang lebih menghasilkan.

Incoming search terms:

  • cara memanen biji selasih
  • buah naga unggulan
  • aneka pohon naga
  • Bibit buah naga unggulan
  • buah naga unggul
  • cara menanam buah naga dari biji
  • Tanaman yang tidak ada bibit unggulnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *