Jenis-jenis Tanaman Hias Menyehatkan untuk Ruangan dan Taman

Tanaman Hias Menyehatkan – Selain membuat beberapa ventilasi udara solusi paling tepat untuk menciptakan udara segar dalam ruangan yaitu dengan menempatkan beberapa tanaman hias. Sirkulasi udara memang sangat penting untuk meminimalkan resiko penyakit mengingat dalam ruangan banyak terpapar partikel-partikel berbahaya dari desinfektan, cat, serta produk-produk berbahan kimia lainnya.

Untuk membantu memaksimalkan udara segar ada beberapa jenis tanaman hias menyehatkan yang bisa kita tempatkan di ruangan-ruangan dalam rumah kita. Tak hanya menyehatkan namun tanaman-tanaman hias ini sekaligus untuk mempercantik ruangan agar terlihat enak dipandang. Apa saja jenis tanaman hias tersebut? Mari cek satu-persatu.

Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah Mertua atau Sansevieria adalah jenis tanaman yang mampu hidup dengan sedikit air dalam ruangan yang minim cahaya matahari. Disebut sebagai tanaman hias menyehatkan karena Sansevieria mampu menyaring zat-zat berbahaya seperti Trichloroethylene, Benzena, Toluena, Formaldehida dan Xylene yang terpapar di udara. Selain mampu menetralisir zat-zat tersebut diatas, tanaman Lidah Mertua juga lebih banyak memproduksi oksigen dibanding jenis tanaman hias lainnya.

Tanaman Hias Krisan (Chrysanthemum)

Tanaman hias yang satu ini sangat populer karena warna dan bentuknya yang beragam. Selain mempercantik ruangan Chrysanthemum juga efektif menyerap Benzena, semacam zat berbahaya penyebab penyakit kanker. Benzena sendiri banyak terdapat pada produk-produk rumah tangga seperti cat dan sabun detergent. Disisi lain bunga Krisan yang berwarna-warni sering dianggap lambang kesetiaan, sukacita dan kesetiaan.

Tanaman Hias Gerbera Daisy

Gerbera Daisy termasuk jenis tanaman hias dari kelompok Asteraceae. Tanaman indah ini memiliki lebih dari 2000 kultivar dengan bentuk yang bervariasi. Warna-warni Gerbera Daisy seperti merah jambu, ungu, merah dan putih semakin menekankan bahwa bunga ini memiliki keindahan yang luar biasa. Selain terkenal dengan keindahannya Gerbera Daisy juga disebut tanaman hias menyehatkan karena mampu menyaring udara menjadi lebih bersih. Satu lagi, tanaman ini sanggup menyingkirkan microgram polutan yang terdapat dalam ruangan.

Gerbera Daisy sebenarnya berasal dari Afrika Selatan namun kini mudah ditemukan diberbagai negara termasuk di Indonesia. Karena keindahannya Gerbera Daisy ini menempati urutan kelima sebagai tanaman hias terpopuler di dunia.

Tanaman Hias Lili Perdamaian (Peace Lily)

Dinamakan Lili Perdamaian atau Peace Lily karena tanaman hias yang satu ini memang sanggup memberi kedamaian pada pemiliknya. Jenis bunga Peace Lily bersifat abadi dengan bentuk yang unik dan enak dipandang. Lili Perdamaian disebut tanaman hias menyehatkan karena mampu menyerap polutan dalam ruangan seperti Trichloroethylene, Benzena dan Formaldehida. Selain ditanam dalam ruangan tanaman menyegarkan ini juga kerap menjadi pilihan sebagai hiasan taman.

Tanaman Hias Lady Palm

Lady Palm sangat cocok bagi mereka yang menyukai tanaman hias berwarna hijau. Dibanding tanaman hias lainnya Lady Palm lebih mudah dipelihara karena sanggup bertahan hidup dalam rungan yang minim cahaya matahari dan tidak tergantung pada suhu tertentu. Selain membantu menciptakan keindahan, konon Lady Palm sangat efektif untuk menyaring polutan seperti Toluena, Formalin, Xylene dan Amonia yang bercampur udara. Zat-zat tersebut cukup berbahaya karena dapat menyebabkan pusing dan gangguan pernafasan.

Tanaman Hias Saliyah (Azalea)

Tanaman hias Saliyah atau Azalea berasal dari keluarga Ericaceae yang biasanya tumbuh di daerah-daerah beriklim sedang. Bunga Azalea sendiri memiliki banyak varian warna meskipun lebih terkenal dengan warna merah muda. Seperti halnya tanaman hias menyehatkan lainnya bunga Saliyah juga efektif menyingkirkan polutan udara sekaligus memproduksi oksigen lebih banyak. Meskipun begitu tanaman hias ini tidak boleh dikonsumsi karena bisa menyebabkan mual, muntah dan depresi.

Tanaman Hias Sri Rejeki (Chinese Evergreen)

Di Indonesia tanaman Chinese Evergreen lebih populer dengan sebutan Sri Rejeki. Tanaman hias ini dapat tumbuh maksimal mencapai 1 kaki dan mudah tumbuh meskipun saat musim kemarau. Chinese Evergreen juga mampu melenyapkan polutan udara, sayangnya tanaman hias ini warnanya bisa berubah dari hijau menjadi coklat jika udara sangat kering dan panas. Satu hal yang harus diperhatikan, getah tanaman hias ini dapat menyebabkan gata-gatal pada kulit. Karena itu sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak.

Selain berbagai tanaman diatas masih ada beberapa tanaman hias menyehatkan lainnya seperti Spider Plant, Palem Bambu (Chamaedorea Seifrizii), Pakis Boston, Sirih Belanda dan masih banyak lagi. Silakan pilih mana yang Anda suka untuk ruangan dan taman Anda.

 

Incoming search terms:

  • lili perdamaian
  • Tanaman hias lidah mertua lady palm gerba paisy krisan lili perdamaian dan saliyah
  • tanaman hias yg menyehatkan dlm rmh
  • tanaman indoor menyehatkan
  • apa resiko menanam pohon hiasan di dalam rumah
  • tanaman menyehatkan
  • tanaman meyehatkan
  • tanaman rumah yang menyegarkan
  • tanaman yg baik untuk sirkulasi di dalam rumah
  • Tanaman hias yg bgus d tempatkn d dlm rumah
  • tanaman hias yang menyegarkan udara
  • tanaman hias untuk taman enak dipandang
  • tanaman air yg membantu sirkulasi udara dalam ruangan
  • macam2 jenis bunga lili perdamaian
  • jenis tanaman yg bisa dipelihara dalam ruangan
  • jenis bunga lily perdamayan
  • bunga zamia cactus yang berbahaya kanker
  • bunga hias lili perdamaian
  • warma bunga yg baik untuk kedamaian rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *