Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Memiliki pohon mangga tetapi tidak juga berbuah bahkan meski bisa berbuah tapi lama sekali hingga satu tahun dan hasil buahnya pun tidak banyak. Sebagai pemilik pohon anda tentunya mengharap mangga yang anda tanam berbuah cepat bukan. Untuk anda yang mempunyai masalah seperti di atas simak cara yang akan saya bagikan agar mangga yang anda tanam cepat berbuah.

menanam-bibit-mangga

Langkah-langkah Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Jika anda menginginkan buah mangga yang anda tanam cepat berbuah, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama. Langsung saja, inilah langkah-langkahnya.

Persipkan Bibit Mangga

Hal paling utama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bibit mangga. Persiapkan bibit mangga dari hasil pencangkokan karena bibit dari proses cangkok relatif lebih cepat tumbuh. Anda dapat menemukan bibit cangkok yang dijual dari toko tanaman, toko sayur dan buah. Jadi tidak perlu repot untuk melakukan proses cangkok sendiri. Untuk hasil yang lebih bagus, pilihlah bibit mangga cangkok yang tidak bercabang tapi subur dan batangnya tegak.

Sipakanlah Tempat Menanam

Setelah mendapatkan bibit mangga yang bagus, selanjutnya cara menanam mangga agar cepat berbuah adalah menyipkan tempat atau lahan. Bersihkanlah lahan dari tumbuhan lain yang menggangu untuk pertumbuhan mangga anda. Gemburkan lahan yang telah disiapkan. Setelah digemburkan, buatlah lubang penanaman berbentuk segi empat dengan ukuran 1 m pada tiap sisinya. Lakukan galian bertahap. Galilah tanah setengah meter terlebih dahulu setelah itu, gali setengah meter lagi. Jangan lupa untuk member pupuk kandang pada bagian bawah lalu tutup kembali dan biarkan selama 3 hari.

Mulai menanam Mangga

Masukkan bibit mangga pada lubang tanam yang sudah anda buat tadi. Campur sisa tanah galian dengan pupuk kompo lalu tutup dengan tanah tersebut. Setelah itu lakukan pemadatan dan penyiraman pagi dan sore sampai bibit tumbuh.

Perawatan Tanaman Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah.

Pohon mangga yang sudah anda tanam memerlukan nutrisi yang banyak untuk cepat berbuah dan dapat menghasilkan buah yang lebat. Maka, langkah selanjutnya setelah cara menanam mangga sebelumnya, yang perlu anda lakukan adalah melakukan perawatan agar buah mangga bisa cepat berbuah.Dengan cara berikut ini.

  1. Gunakanlah Pupuk NPK

Agar tanaman mangga anda cepat berbuah, rawatlah dengan pupuk NPK. Pupuk NPK bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman sekaligus merangsang agar cepat berbuah. Pemberian pupuk ini dilakukan dengan dosis sebanyak 0,25 kg/pohon. Setelah pemupukan lakukan penyiraman pohon mangga setiap 2 kali sehari agar nutrisi pupuknya bisa terserap maksimal.

  1. Gunakan Teknik Memaksa Pohon Mangga Berbuah di Luar Musim
    Jika cara-cara di atas tidak mempan atau kurang maksimal hasilnya setelah anda lakukan, anda harus mencoba teknik berikut yang dapat membuat mangga yang anda tanam cepat berbuah.
  1. Teknik Pemangkasan Daun atau Pruning

Seperti namanya, teknik ini dapat dilakukan dengan cara memangkas pohon mangga hingga gundul atau bisa menyisakan bagian daun sedikit.

  1. Teknik Stressing Air

Teknik ini adalah teknik menyirami pohon mangga terus-menerus sampai pohon tersebut mencapai titik layu permanen dan menggenangi akar dan pangkal batang hingga menggalami jenuh air.

  1. Teknik Mengerat Kulit Pohon
    Teknik ini dilakukan dengan cara menggerat kulit pohon sepanjang lingkaran pohon hingga terlihat kayu pohon. Fungsi dari teknik ini agar dapat memicu tumbuhnya bunga.

Masih banyak sebenarnya teknik untuk memaksa buah mangga agar cepat berbuah namun yang saya bisa bagikan adalah ketiga cara diatas. Semoga bermanfaat dan masalah anda dapat teratasi dengan membaca artikel diatas.

Incoming search terms:

  • obat bibit mangga
  • buah manga red star
  • cara menanam buah mangga dan langkah langkahnya
  • cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah
  • obat mangga cepat berbuah
  • pohon mangga berbuah terus
  • pohon mangga menyisakan batangnya saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *