Cara Menanam Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Jambu air adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Biasanya pecinta rujak manis hafal dengan buah yang satu ini. Kali ini saya ingin memberikan tips dan trik bagi anda yang tertarik untuk menanam jambu air. Tidak hanya tips dan trik biasa tetapi saya akan memberikan cara menanam jambu air agar cepat berbuah. Yuk, simak informasi yang saya bagi.

cara menanam jambu air cepat berbuah

Menanam dan Merawat Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Sebenarnya, cara menanam jambu air ini agar cepat berbuah relatif sama dengan cara menanam buah pada umunya. Namun ada yang perlu diperhatikan dalam cara merawatnya. Inilah cara yang harus dilakukan dalaam menanam dan merawat jambu air agar cepat berbuah. Simak cara dibawah ini.

  1. Siapkan Bibit Untuk Mulai Menanam

Sudah jadi keharusan untuk menyiapkan bibit jika anda ingin menanam bukan. Untuk urusan bibit, jika anda ingin tanaman jambu air cepat tumbuh dan berbuah maka jangan menanam jambu air dari bibit yang terlalu kecil contoh dari bijinya. Pilihlah bibit yang melalui proses cangkok yang dapat mempercepat proses pertumbuhannya. Bibit cangkok sudah banyak yang menjual jika anda malas atau tidak mempunyai banyak waktu untuk mencangkok sendiri.

  1. Mulai Menanam dengan Menyiapkan Lahan Tanam

Selanjutnya yang perlu anda lakukan setelah menemukan bibit adalah menanam. Dengan menyiapkan lahan terlebih dahulu tentunya. Jika anda tidak mempunyai lahan yang cukup, bisa memilih alternatif lain dengan menanamnya di pot. Pertama gemburkan tanah yang anda akan tanami. Gali tanah atau jika menanmnya di pot masukkan tanah separuh saja. Letakkan bibit dan tutupi permukaan atasnya dengan tanah. Jangan lupa untuk mencampurkan tanah penutup dengan pupuk. Siram sewajarna hingga bibit mulai tumbuh.

  1. Lakukan Pemupukan dan Penyiraman dengan Benar

Setelah masa tanam, untuk merawat agar jambu air cepat berbuah adalah dengan memberikan pupuk. Pemberian pupuk adalah saat tiga bulan setelah masa tanam dan dilakukan pemupukan kembali setelah tiga bulan selanjutnya. Pupuk yang digunakan adalah campuran pupuk kandang dan pupuk TS sebanyak 15 kg untuk pupuk kandang dan 100-150 gr untuk TS. Campuran ini diberikan saat tiga sampai empat bulan selanjutnya. Jangan lupa lakukan penyiraman dengan benar. Penyiraman dilakukan melihat musim jika kemarau maka anda perlu mnyiram lebih dari biasanya namun jangan berlebihan. Usahakan jangan sampai terjadi penggenangan air selama lebih 12 jam. Lakukan penyiraman pada pagi hari pukul 09.00 dan sore hari pada pukul 16.00.

  1. Lakukan Perontokan dan Penyemprotan ZPT

Perontokan dan penyemprotan dilakukan untuk merangsang agar jambu air agar cepat berbuah. Perontokan dapat dilakukan dengan cara membuang daun pada ranting pohon. Daun yang disisakan hanya empat lembar saja pada tiap pucuknya. Sedangkan penyemprotan ZPT dapat dilakukan setelah pemupukan lanjutan pertama. Lakukan selang selama dua minggu sekali dengan takaran 1 cc Atonik per 1-2 litter air.

Itulah tips dan trik yang bisa saya bagikan untuk anda. Dengan membaca artikel ini diharapkan agar jambu air yang anda tanam cepat berbuah ya.

 

Incoming search terms:

  • Khasiat toga
  • agar jambu air cepat berbuah
  • bonsai lohansu ada jenis berapakah gambar
  • cara budidaya jambu air agar cepat berbuah
  • cara menanam jambu air merah cepat
  • caraenanam jambu air biasa
  • manfaat perontokan daun pada tanaman hias
  • mcm2 daun herbal manfaatnya
  • pupuk jambu air cepat berbuah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *