Cara Menanam Hidroponik Tomat

Tomat adalah tanaman yang umum sekali ditemukan di Indonesia. Bagi pecinta saos pasti tak asing dengan tumbuhan yang satu ini. Untuk penanaman tomat sendiri tidak susah. Apa lagi dengan adanya metode menanam modern saat ini yaitu dengan cara hidroponik. Bagaimanakah cara menanam hidropinik tomat di rumah. Simak pembahsannya berikut.

tomat

Bahan-bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

Persiapan awal yang perlu dilakukan untuk menanam hidroponik tomat adalah menyiapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan. Bahan-bahan dan alat itu sendiri terdiri dari :

  1. Bibit tomat atau biji tomat
  2. Media tanam hidroponik cocopeat
  3. Wadah tumbuh kecil (Botol plastik bekas minuman)
  4. Wadah tumbuh besar (Pipa paralon PVC bekas atau baru )
  5. Busa (Berguna untuk menahan tanaman agar tetap pada wadah)
  6. Sterofoam yang telah dilubangi
  7. Larutan nutrisi

Langkah-langkah Cara Menanam Hidroponik Tomat

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, langkah selnjutnya adalah mengikuti cara menanamnya dengan baik dan benar. Inilah langkah-langkahnya :

  1. Lakukanlah Penyemaian Tomat

Langkah pertama ini diawali dengan cara membasahi cocopeat sebagai media tanam. Sebenarnya media tanam hidroponik ini bervariatif. Namun dalam pembahasan kali ini  media tanam yang digunakan adalah cocopeat atau serbuk sabut kelapa. Selanjutnya letakkan benih tomat atau biji tomat di atas cocopeat yang sudah lembab tersebut. Letakkanlah cocopeat beserta biji tomat ini di tempat yang lembab atau tidak terkena sinar matahari agar tumbuh dengan baik. Untuk proses pertumbuhan biasanya memerlukan waktu kurang lebih empat minggu.

 

  1. Pindah Ke Wadah Tumbuh Kecil

Setelah akar dari tanaman tomat ini tumbuh lumayan besar, pindahkan tanaman tomat tersebut pada wadah tumbuh kecil. Wadah ini sebenernya bebas tergantung ketersedian tetapi kali ini wadah yang dipergunakan adalah botol plastik bekas minuman. Cara memindahkannya adalah cabut perlahan tanaman tomat dan bersihkan dari sisa-sisa cocopeat. Tahan tanaman di botol plastik menggunakan busa. Sirami dengan larutan nutrisi.

 

  1. Memindahkan Pada Wadah Besar dan Merawat

Setelah tanaman tomat tumbuh dengan baik dan mulai membesar, pindahkan pada wadah tumbuh besar yaitu pipa paralon PVC bekas atau baru. Langakah-langakah pemindahannya sama dengan cara sebelumnya yang berbeda adalah untuk menahan tanaman menggunakan sterofoam yang telah dilubangi. Isi wadah tumbuh dengan larutan nutrsi. Beri jarak saat mengisi agar akar dapat bernafas. Langkah terakhir lakukanlah perawatan dengan member larutan nutrisi.

Itulah cara menanam hidroponik tomat. Semoga dalam prakteknya berhasil ya.

Incoming search terms:

  • alat dan bahan hidroponik tomat wikipedia
  • contoh bergambar nama tomat pakai sabut kelapa
  • kolaborasi tanaman tomat dan cabe
  • menanam cabe dalam toples
  • tanaman hias sayuran
  • Tanaman hias spt sayur sayuran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *