Cara Menanam Hidroponik Seledri

Seladri adalah sayuran yang biasanya hadir dalam maskan. Selain ada di dalam masakan, seledri ini memiliki berbagai khasiat diantaranya adalah menurunkan kolestrol. Selain itu, seledri ini juga bias ditanam dirumah loh dengan metode hidroponik. Berikut ini akan dibagikan cara menanam hidroponik seledri. Simak penjelasan dibawah.
Tahapan Menanam Hidroponik Seledri.

Tanaman seledri
Dalam proses menanam hodroponik seledri, terdapat beberapa tahapan diantaranya adalah sebagai berikut :

Tahap Persiapan Alat dan Bahan

Untuk menanam seledri secara hidroponik diperlukan beberapa alat dan juga bahan untuk persiapan menanam. Apa saja alat dan bahan tersebut, berikut penjelsannya

  • PolyBag
  • Sekam Bakar
  • Bibit Seledri , Bibit ini dapat diperoleh di dapur anda. Namun jika ingin lebih efisien, bibit ini dapat dibeli di pasar atau toko pertanian yang masih berakar.
  • Kunci Busi
  • Bak/Baskom
  • Sterofoam/Gabus dengan ketebalan 3cm
  • Nutrisi Hidroponik ABMix, Nutrisi ini sama halnya dengan pupuk pada tanaman yang menggunakan metode biasanya. Namun untuk menanam secara hidroponik, nutris yang diperlukan adalah ABMix.
  • Gergaji Besi
  • Rockwool Sebagai Media Tanam

Media tanaman hidroponik bermacam-macam. Namun media tanam yang banyak dipakai biasanya adalah Rockwool. Rockwool merupakan media tanam anorganik yang berbentuk menyerupai busa, memiliki serabut-serabut halus dan bobotnya sangat ringan. Busa ini terbentuk dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu sangat tinggi hingga meleleh, kemudian mencair dan terbentuklah rock wool.

2.    Tahap Penyemaian Seledri

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, proses selnjutnya adalah melakukan penyemaian tanaman seledri dan inilah langkah-langkahnya.

Ambil sekam bakar, lalu basahai terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam polybag. Membasahinya bisa dengan menyiram atau merendamnya. Setelah sekam bakar basah, masukkan ke polybag hingga penuh.
    Masukkan bibit seledri diatasnya. Berikan sedikit percikan air. Ingat hanya memercikkan bukan menyiram.
    Letakkan tanaman yang sedang disemai ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tunggu hinga tumbuh sekitar satu minggu.
    Jagalah tanaman seledri yang sedang diseami dengan cara menjaga kelembaban sekam bakar. Rendam polybag ke baik air dan yang sangat perlu diperhatikan adalah jangan menyiram seledri dari atas karena dapat membuat batang seledri mudah patah.

3.    Tahap Pemindahan Seledri

Biasanya dalam kurun waktu satu bulan, tanaman seledri yang disemai suadah siap di pindah tanam. Cara memindahkannya adalah sebagai berikut :
    Isi bak atau baskom dengan nutrisi ABMix dengan perbandingan 2:2:1
    Setelah itu potong sterofoam dengan gergaji besar sama dengan ukuran bibir baskom. Lubangi sterofoam menggunakan kunci busi yang sudah dipanaskan.
    Sebelum dipindah pisahkan bibit-bibit seledri yang telah siap tanam. Pindahkan dengan cara rendam seluruh bibit kedalam air. Pergunakanlah rockwool untuk menjepit bibit seledri. Lalu masukkan ke dalam lubang-lubang di sterofoam.
    Berikan nutrisi untuk merawatnya. Dengan perbandingan 5:5:1
    Kurang lebih satu bulan tanaman seledri anda siap dipanen

Itulah cara menanam hidropnik seledri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Incoming search terms:

  • budidaya tanaman hidroponik seledri
  • hidroponik seledri
  • Tanaman hidroponik seledri dan kesuburannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *