Cara Menanam Hidroponik Kangkung

Menanam secara hidroponik dengan menggunakan peralatan yang komplit biasanya memerlukan biaya yang cukup besar. Jika hanya untuk sekedar hobi atau menyalurkan kegemaran berkebun saja bisa menggunakan peralatan dan bahan yang lebih murah. Ini bisa diakali dengan bahan yang sederhana dan biasa terdapat di sekitar rumah. Ini adalah cara membuat wadah tanaman hidroponik secara sederhana dengan hanya menggunakan botol minuman bekas. Untuk tanamannya bisa menggunakan bibit kangkung darat.

hidroponik-kangkung

Alat dan bahan yang diperlukan Untuk Menanam Kangkung

-Bibit Kangkung darat
-Botol minuman bekas
-Gelas plastik kecil bekas
-Arang sekam
-Pisau/gunting/cutter
-Soldier atau paku
-Cairan nutrisi atau pupuk

Langkah Pembuatan Hidroponik Kangkung

Kita bisa menggunakan model botol rebah. Pada model ini botol diletakkan seperti pipa horizontal. Ini bisa juga sebagai pembelajaran jika memang tertarik menanam hidroponik menggunakan pipa pralon atau PVC yang panjang. Model ini termasuk metode rakit apung tanpa memakai sumbu.

Gelas kecil yang sudah disiapkan tadi diberi lubang pada bagian bawahnya secara merata dan memutar di samping. Gelas ini nantinya akan digunakan sebagai wadah sekam bakar dan penanaman bibit kangkung.

Botol minuman tersebut dalam posisi direbahkan mendatar. Bagian atas dibuat dua lubang yang cukup besar saja untuk memasukkan gelas plastik tadi. Jika menggunakan botol yang lebih besar dan panjang bisa ditambahkan jumlah lubangnya. Botol minuman ini nantinya berfungsi sebagai tempat larutan nutrisi hidroponik atau pupuk. Tidak lupa juga untuk membuatkan lubang dengan soldier atau paku yang dipanasi di beberapa bagian botol sebagai tempat untuk sirkulasi udara. Lubang ini dibuat di atas ketinggian larutan air hidroponik.

Bibit kangkung ada baiknya disemai terlebih dahulu. Setelah itu diambil dan media tanamnya dibersihkan dengan air. Kemudian bibit kangkung tersebut dimasukkan ke dalam gelas plastik tadi dengan posisi sebagian akarnya dikeluarkan lewat lubang bagian bawah. Itu dilakukan supaya nanti akar tersebut langsung menempel ke larutan nutrisi. Sekam bakar lalu ditimbun ke dalam gelas plastik sehingga tanaman bisa berdiri dengan tegak. Kemudian siram dengan air.

Masukkan air nutrisi atau pupuk ke dalam botol minuman dan gelas plastik dimasukkan tepat ke dalam lubangnya.

Agar botol yang dalam posisi rebah ini tidak terguling, bisa diakali dengan menggabungkan dua atau tiga buah botol sekaligus lalu diikat tali atau dengan cara disteples pada sisinya.

Incoming search terms:

  • nenanam kangkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *