Cara Menanam Hidroponik Cabe

Tanaman cabe adalah  tanaman yang menjadi primadona di Negeri kita ini. Penggunaannya diberbagai daerah selalu dibutuhkan. Di dapur pun jika tidak ada cabe maka serasa tidak lengkap bukan. Akhi-akhir ini, harga cabe sering mengalamai kenaikan harga yang tajam meski tak jarang juga mengalami penuran harga. Nah untuk menyiasati ketika ada kenaikan harga cabe, yuk tanam cabe dirumah dengan sistem hidroponik. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cabe secara hidroponik, cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, cabai rawit, Bibit Cabe Unggulan,Cara menanam cabe dalam polybag,Cara Menanam Cabe Yang Baik

Persiapan Untuk Menanam

Semua kegiatan harus dimulai dengan adanya persiapan. Persiapan untuk menanam hidroponik cabe adalah sebagai berikut :

Meyiapkan Bibit Cabe

Bibit cabe mudah untuk didapatkan. Ambil saja satu cabe di dapur entah itu cabe rawit atau cabe keriting sesuai keinginan. Kerimgkan cabe tersebut dengan dijemur. Setelah cabe kering, ambil bijinya saja untuk dijadikan bibit.

Pilihlah Bibit yang Bagus

Untuk memilih apakah biji cabe yang akan dipergunakan untuk menanam itu bagus atau tidak sangatlah mudah. Caranya rendam biji cabe tadi kedalam wadah berisi air. Tunggu beberapa menit. Akan ada biji yang tenggelam dan mengapung. Nah bibit cabe yang bagus berasal dari biji cabe yang tenggelam. Jika tidak ingin repot melakukan langka-langkah di atas tadi, belilah benih cabe di toko pertanian terdekat.

Menyiapkan Alat-alat yang Diperlukan

Setelah bibit cabe siap ditanam selanjutnya adalah menyiapkan alat-alat untuk menanam hidroponik cabe. Beriku adalah alat-alat yang diperlukan :

 

  1. Media tanam hidroponik

Media tanam ini bermacam-macam yaitu terdiri dari sekam bakar, sabut kelapa, kerikil dan pecahan genteng. Pilih sesuai keinginan.

  1. Wadah tanam kecil

Biasanya wadah ini telah disedikan bersama dengan pembelian media tanam berupa pot plastik kecil atau dapat menggunakan botol plastik bekas minuman.

  1. Wadah tanam besar

Wadah ini berupa pot atau polybag. Besarnya tergantung pertmbuhan tanaman cabenya nanti.

  1. Air
  2. Pupuk NPK
  3. Pupuk buah
  4. Spray

Langkah-langkah Menanamnya

Setelah selesai melakukan berbagai persiapan yang diperlukan, berikut ini adalah langkah-langkah menanamnya :

  1. Rendam benih cabe yang telah melalui proses pemilihan. Setelah direndam bungkus menggunakan kain basah agar mempercepat pertumbuhan kecambah tanaman cabe.
  2. Lakukanlah penyemaian dengan cara menaburkan benih cabe di atas media tanam yang berada di dalam wadah tanam kecil (pot plastik atau botol plastic). Perhatikan bahwa benih harus tenggelam dan tertutupi media tanam.
  3. Sirami secara teratur pagi dan sore sampai tanaman cabe tumbuh.
  4. Ketika tanaman cabe tumbuh dan mulai mengelurkan daun sejati, pindahlah pada wadah tanam yang lebih besar (pot atau polybag).
  5. Masukkan tanaman cabe yang akan dipindahkan ke dalam pot atau polybag yang telah berisi media tanam.
  6. Berikanlah nutrisi untuk perwatan tanaman cabe anda menggunakan pupuk NPK. Ikuti aturan pemberian pupuk sesuai label yang tertera pada kemasan. Ketika tanaman cabe mulai berbuah, semprotlah buah tersebut menggunakan spray yang berisi pupuk buah. Tujuannya agar memperoleh hasil cabe yang sehat dan bagus.

Bagaimana mudah bukan menanam hidroponik cabe. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

Incoming search terms:

  • obat menanam cabe hidroponik
  • gambar gambar cabe rawit d dalam polibek
  • cara menanam siruh lewat media botol
  • cara tanam cabe pada botol aqua
  • menanam cabe hidroponik
  • tanaman cabe polibek
  • tanaman hias media air dalam botol
  • wadah untuk menanam tanaman toga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *