Cara Menanam Hidroponik Bawang

Bawang adalah tanaman yang keberadaanya sangat penting di dalam bumbu masakan. Karena keberadaannya  yang penting dan mempunyai banyak manfaat, jika menanamnya sendiri dirumah maka akan sangat hemat bukan. Menanam bawang dapat menggunakan metode menanam yang saat ini sedang banyak diminati yaitu metode menanam hidroponik. Metode hidropnik memiliki banyak media tanam yang dapat dipergunakan. Dalam pembahasan kali ini, media tanam yang digunkan adalah dengan rockwool. Berikut ini adalah cara menanam hidropink bawang.

menanam-bawang-merah

Menyiapkan perlengkapan

Untuk menanam bawang secara hidroponik perlu adanya perlengkapan untuk memulai terlebih dahulu. Dan berikut adalah perlengkapan yang diperlukan untuk menanam bawang.

  1. Umbi bawang sebagai bibit

Bibit bawang ini dapat diperoleh dari dapur. Untuk mendapat hasil tanaman yang baik, pilihlah bibit yang baik juga. Cara memilih bibit bawang adalah ambil bawang yang sudah kering dan tua dengan warna umbi mengkilat. Lebih bagus lagi jika umbi tersebut sudah ada akarnya.

  1. Rockwool Sebagai Media Tanam

Tempat dimana bibit bawang diletakkan dan bersemai.

  1. Baskom Berlubang

Sebagai tempat tanaman bawang beserta rockwool diletakkan.

  1. Baskom

Fungsi dari baskom ini untuk menampung air untuk pertumbuhan tanaman bawang.

  1. Kain Flanel

Berfungsi untuk media penyalur air dari baskom ke baskom berlubang.

  1. Air Biasa

Untuk nutrisi dan perkembangan tanaman bawang.

Proses Menanam Hidroponik Bawang

Setelah mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mulai menanam bawang. Inilah proses menanam hidroponik bawang.

  1. Basahi rock wool sebelum diberi bibit bawang. Setelah dibasahi dan sedikit lembab, letakkan umbi bawang sebagi bibit di atas rock wool.
  2. Siapkan baskom tanpa lubang. Isi baskom tersebut dengan air. Pengisian air disesuaikan dengan baskom berlubang yang akan menjadi tempat rock wool diletakkan. Jangan sampai terlalu banyak terendam air.
  3. Setelah baskom siap, pada bagian dasar dari baskom berlubang lapisi dengan kain flanel. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya lain flanel ini berfungsi sebagai media penyalur air.
  4. Letakkan rock wool yang diatasnya sudah ada umbi bawang di baskom berlubang yang sudah dilapisi kain flanel.
  5. Setelah itu, tinggal merawat tanaman bawang dengan cara mengganti air di baskom. Meletakkannya di tempat lembab. Perlu diperhatikan untuk menghindari tumbuhnya lumut pada rockwool jangan terlalu dipaparkan sinar matahari.

Bagaimana, mudah bukan menanam bawang sendiri dirumah dengan metode hidroponik. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • Cara menanam bawang di baskom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *