Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah

Durian si raja buah. Siapa sih yang tidak mengenalnya. Rasa daging buahnya manis, legit dan aromanya yang khas membuat banyak orang menyukainya. Namun sayang, buah durian ini termasuk buah yang lama sekali bisa dipanen dan tentunya hal ini sangat menjengkelkan bagi penanamnya. Umumnya, buah durian ini mulai berbuah pada usia 4-5 tahun. Lama sekali ya. Tapi tenang tanaman durian saat ini bisa dipercepat pertumbuhannya. Penasaran, simak pembahasan dibawah ini tentang cara menanam durian agar cepat berbuah.

Cara Menanam Durian

Faktor Penting Agar Buah Durian yg Anda Tanam Cepat Berbuah.

Ketika anda ingin menanam buah durian, lakukanlah tahap menanam seperti biasanya. Namun, yang dapat menentukan buah durian yang anda tanam cepat berbuah atau tidak adalah beberapa faktor penting dibawah ini yaitu.

Tahap Atau Langkah Langkah Cara Menanam Durian

  1. Pilihlah Tanah yang Cocok

Ketika anda ingin menanam durian, pilihlah tanah yang cocok ditanami yaitu tanah jenis grumosol dan ondosol. Ciri-ciri yang bisa anda perhatikan adalah yang pertama warna tanahnya keabu-abuan kelam, strukturnya lapisan pada bagian atasnya berbutir-butir sedangkan bagian bawahnya bergumpal dan untuk penyerapaan airnya sangat tinggi. Temukan tanah yang cocok terlebih dahulu maka durian anda akan cepat berbuah.

 

  1. Pilihlah Tanah yang Memiliki Kedalaman Ideal.

Akar durian adalah akar tunggang yang dapat menembus lapisan tanah hingga kedalaman dua meter bahkan lebih. Untuk itu, idelanya selain jenis tanah yang baik faktor lain yang memperngaruhi durian anda untuk cepat berbuah adalah lokasi tanah yang ditanami. Pilihlah lokasi yang memiliki kedalaman air tanah sekitar 50 – 300 cm.

 

  1. Lakukanlah Teknik Okulasi

Berbuahnya durian tergantung umur tanam. Jika anda menanam dari biji maka akan memerlukan waktu berbuah yang lama. Maka untuk mendapatkan hasil buah yang cepat, anda dapat melakukan teknik okulasi atau penyambungan.

 

  1. Perhatikanlah Asupan Sinar Matahari

Untuk cepat menghasilkan buah, tanaman membutuhkan proses fotosintesis yang bagus dan faktor utama dari proses tersebut adalah sinar matahari. Jadi, jika anda ingin buah durian yang anda tanam cepat berbuah hendaknya perhatikanlah asupan sinar matahari untuk durian yang anda tanam. Kebutuhan tanaman durian akan sinar matahari dalam sehari adalah 8-12 jam dengan intensitas penyinaran sekitar 40-50% (Bernardinus, 2006: 10). Jika asupan sianar matahari itu kurang dan semakin rendah, maka akan menyebakan terganggunya pertumbuhan vegetatife dan generative yang membuat tanaman durian anda sulit atau lambat berbuah.

 

  1. Perhatiakan Asupan Air dan Musim

Saat musim kemarau, bunga buah durian rentan mengalami kerontokan. Jika semua bunganya rontok maka buah durian anda akan batal berbuah. Untuk mensiasati musim kemarau yang datang, anda harus memperhatikan asupan air pada durian yang anda tanam. Penyiraman paling baik dilakukan pada pagi hari dan dapat dilakukan 1-3 kali seminggu.

  1. Lakukanlah Penyerbukan Buatan

Tidak semua bunga pada tanaman durian anda yang telah tumbuh akan menjadi buah. Maka dari itu, yang perlu anda lakukan agar buah durian anda cepat berbuah adalah dengan melakukan penyerbukan buatan. Caranya dengan menyapukan kuas halus pada bunga mekar saat malam hari.

  1. Perhatikan Unsur Mikro Pada Tanaman Durian

Tanaman durian yang anda tanam jika kekurangan unsure mikro seperti Zn, Fe, Mg, dan Ca akan menyebabkan lamanya proses pertumbuhan serta berbuahnya. Maka berilah asupan unsure mikro tersebut agar buah durian anda cepat berbuah.

Demikianlah tips yang bisa saya berikan. Praktekkan tips-tips diatas dan semoga buah durian anda cepat berbuah. Baca Juga Cara Menanam Cabe.

Incoming search terms:

  • cara menanam durian
  • cara menanam durian cepat berbuah
  • proses berbuah buah naga
  • proses strawberry dari bunga hingga buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *