Cara Hidroponik Sistem Pasang Surut Yang Menguntungkan

Bagi seseorang yang cukup lama menggeluti dunia hidroponik pasti sudah mengenal sistem pasang surut atau ebb and flow, sebenarnya teori dari sistem ini cukup sederhana yaitu membuat tanaman pada waktu tertentu di aliri air. nutrisi dan oksigen dari pompa dan menggenangi tanaman untuk beberapa saat kemudian secara perlahan air akan surut dan terbuang ke bak penampungan, namun teknik ini perlu dipelajari lebih dalam dan tidak disarankan bagi pemula. Berikut pembahasan singkat mengenai Hidroponik Sistem Pasang Surut.

Teknik pasang surut atau ebb and flow ini biasanya menggunakan pompa air yang dibenamkan dalam air dan dicampur dengan cairan nutrisi kemudian pompa tersebut dihubungkan dengan waktu. pada waktu tertentu pompa akan mengalirkan air dan nutrisi tersebut menuju tanaman secara terus menerus sampai waktu mati. saat waktu mati maka secara perlahan air yang ada pada tanaman akan mengalir ke bawah menuju tempat penampungan begitu seterusnya, itulah kenapa teknik ini dinamakan dengan sistem pasang surut.

Kelebihan yang diperoleh jika menggunakan sistem pasang surut ini adalah

  1. Tanaman mendapatkan air, nutrisi, dan oksigen secara teratur dan berkala dan sesuatu yang dihasilkan dari suatu keteraturan pasti mendapat hasil yang bagus.
  2. Tanaman akan mendapatkan oksigen yang lebih baik dari proses pasang surut yang terjadi.
  3. Perawatan yang jauh lebih mudah karena penyiraman akan dilakukan secara otomatis.

Namun di sisi lain juga terdapat kelemahan yang dimiliki seperti

  1. Bagi pemula biaya yang dikeluarkan cukup mahal.
  2. Memerlukan energi listrik maka jika terjadi pemadaman listrik akan menjadi masalah yang cukup serius (apalagi bagi yang suka telat bayar listrik).
  3. Perlu pembelajaran dan pemahaman yang lebih karena pembuatannya cukup rumit maka dari itu tidak disarankan bagi seorang pemula di dunia hidroponik.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai hidroponik menggunakan sistem pasang surut, setiap hal pasti memiliki kelemahan begitu juga dengan sistem pasang surut ini masalahnya sekarang Cuma bagaimana kita menyikapi kelemahan dalam setiap hal yang ada,,,Semoga Bermanfaat.

Incoming search terms:

  • hidroponik sistem pasang surut
  • cara menguntungkan hidropink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *