6 Contoh Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik merupakan salah satu jenis tanaman yang menarik. Proses penanamannay juga terkadang rumit, tergantung dari media tanam dan jenis tanaman yang digunakan. Bagi anda yang ingin mengetahui contoh tanaman hidropnik, yuk simak ulasannya berikut ini!

Selada

tanaman-selada, budiday selada

Anda pasti tahu sala, kan? Atau bagi anda yang lebih suka cita rasa nusantara pasti anda tahu lalapan, kan? Nah, biasanya salah satu sayuran yang paling sering dimasukkan dalam campuran salad atau juga lalapan adalah selada. Yup, tanaman daun hijau ini memang jenis sayuran yang bisa dimakan langsung atau mentah tanpa harus dimasaka terlebih dahulu. Selada merupakan salah satu contoh tanaman hidroponik. Selada ini memang cocok sekali untuk ditanam secara hidroponik, loh! untuk menumbuhkan selada ini tidak memerlukan tenaga dan perhatian ekstra, serta tidak rumit. Pada saat bibit tanaman disemai, maka hanya dalam kurun waktu 2 minggu saja maka akan tumbuh daun. Setelah itu anda dapat memindahkan selada ke media tanam utama untuk dialiri air dan larutan nutrisi agar pertumbuhannya cepat. Untuk merangsang pertumbuhan selada dengan cepat, anda dapat memotong daun bagian luar sehingga daun bagian dalam akan segera tumbuh untuk menggantikannya. Tidak terlalu susah, bukan?

Timun

buah-timunContoh tanaman hidroponik lainnya yaitu Timun. Siapa sih yang tidak kenal timun? Timun ini merupakan salah satu sayuran favorite tentunya. Anda dapat menemukan timun ini di gado-gado, lotek, lalapan, acar, dan hidangan lezat lainnya. Timun ini sangat cocok apabila ditanam secara hidroponik, tetapi timun ini ternyata membutuhkan perhatian lebih ketimbang selada. Salah satu kunci agar mendapatkan hasil timun yang maksimal yaitu timun ditanam pada daerah atau area yang terkena sinar matahari. Jika timun ditanam dalam rumah kaca, pastikan bahwa cahaya matahari yang masuk cukup menyinari tanaman timun tersebut. Selain cahaya matahari, timun ini juga membutuhkan wadah yang lebih besar. Tentunya hal ini karena jika wadah yang digunakan kecil maka hasil timun tidak maksimal yaitu bentuknya tidak sempurna atau bahkan cenderung kecil dan tidak menarik. Merawat timun ini memang agak repot, loh!

Sawi

tanaman-sawi, Cara Menanam SawiSalah satu contoh tanaman hidroponik yang merupakan jenis sayuran yaitu sawi. Sawi ini juga merupakan sayuran favorit di kalangan masyarakat, loh! Berbagai olahan makanan lezat juga menggunakan sayuran yang satu ini. Nah, untuk menanamnya sendiri tanaman ini memang cocok dengan sistem hidroponik. Bibit sawi ini bisa anda dapatkan dengan mudah. Selain itu juga perawatannya tidak rumit bahkan relative mudah. Namun anda tetap harus melakukan pengecekan secara berkala agar sawi tersebut bebas dari hama yang membandel.

Kangkung

Tanaman KangkungContoh tanaman hidroponik yang termasuk kategori sayuran lainnya yaitu kangkung. Siapa sih yang tidak suka kangkung? kangkung ini dapat anda temukan di berbagai olahan makanan. Jika anda memakan masakan sunda, tentu rasanya tidak pas jika tidak memakan kangkung. Kangkung ini selain lezat juga memiliki banyak manfaat seperti untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia. Nah, kangkung ini merupakan jenis tanaman yang harus ditanam secara hidroponik. Anda dapat melakukan panen pada kangkung ini pada hari yang ke 27 atau 28. Lewat dari waktu tersebut, maka kangkung akan terasa pahit dan tidak bisa dinikmati.

Lidah Buaya

Daun Lidah BuayaUntuk tanaman yang satu ini bukan termasuk sayuran, ya. Yup, lidah buaya merupakan jenis tanaman hias. Tanaman hias yang satu ini paling cocok ditanaman dengan metode hidroponik. Kebanyakan lidah buaya ditanam pada media tanam arang sekam. Lidah buaya ini selain menjadi hiasan untuk rumah dan taman anda, ternyata memiliki sejumlah manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan, loh! Sebut saja untuk mengeluarkan racun tubuh, membantu sistem pencerenaan, sumber vitamin dan mineral, membantu mengobati diabetes, dapat menghilagkan bekas luka, membantu kesehatan rambut, dan masih banyak lagi. Selain untuk kesehatan dan kecantikan, rupanya lidah buaya ini dapat bermanfaat untuk membersihkan udara yang ada di dalam ruangan dari berbagai polusi.

Bunga Mawar

gambar-bunga-mawarBunga mawar tentu merupakan jenis bunga yang paling eksis untuk diberikan kepada orang lain terutama untuk mengungkapkan rasa kasih saying. Nah, ternyata bunga mawar ini juga cocok untuk ditanam secara hidroponik. Karakteristik bunga mawar ini akan bertahan lawa selama terdapat air. Tentunya bunga mawar ini juga dapat anda gunakan sebagai hiasan di rumah anda.

Begitulah beberapa contoh tanaman hidrponik. Semoga bermanfaat!

 

Incoming search terms:

  • contoh artikel hidroponik doc
  • contoh dan cara tanam bunga bahagia dan bunga ekor buaya/
  • apakah sawi tanaman merambat
  • pdf cara menanam hidroponik tanaman hias
  • Oke Google macam-macam hiasan timun
  • oke Google contoh cara pohon Sunda
  • OK Google apa itu pengertian tanaman hidroponik
  • gallery house from container
  • contoh tanaman aeroponik
  • contoh nama2 tanaman hidroponik
  • contoh hidroponik sederhana pdf
  • contoh contoh tanaman hidroponik
  • bentuk lidah kenser
  • tanaman hidroponik pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *